Rincian Biaya Inseminasi

Saya berharap orang yang membaca tulisan ini adalah orang-orang yang butuh info pasti apakah memang iklan biaya inseminasi hanya sekian juta atau bayi tabung hanya sekian puluh juta benaran hanya hanya atau adakah biaya tambahan.

Intro dulu ya. Sebenarnya 2021 kami sudah mencoba langkah-langkah di bawah ini lalu kami pikir ‘oh kumpulin dana dulu deh, baru mulai sesi’ ternyata semua tes darah, HSG, tes analisa sperma cuma berlaku ENAM bulan. Biaya program hamil kalau tidak bisa kopulasi alami persis kaya menyiapkan budget resepsi nikahan. Ada jalur mapfin ada jalur kere hore. Siapkan dana kurang lebih Rp.100.000.000 untuk ngide program hamil jalur bayi tabung atau Rp.30.000.000 untuk jalur inseminasi buatan. Karena begitu mulai isinya cuma bayar-datang sesuai tanggal yang ditetapkan-bayar-datang sesuai tanggal-bayar.

Masih Intro

Program hamil seperti ini sebenarnya bisa dimulai sejak 2 tahun pernikahan dengan asumsi kopulasi secara alami di tanggal subur tidak pernah berhasil. Saya menikah di usia menjelang 31 tahun dan setelah dua tahun menikah masih ada utang nikah yang perlu dicicil. Utang nikah tersebut baru lunas setelah 4 tahun nikah alias di usia 35 tahun. Kemudian apakah setelah utang lunas bisa langsung program hamil? Tentu saja tidak. Baru di akhir 2019 alias menjelang usia 36 tahun saya ke dokter kandungan. Itu pun karena 1 bulan tidak mens. Vonis : myoma. Perlu segera operasi tapi tak lama datanglah Covid-19. Operasi baru bisa dilakukan Oktober 2020. Lalu awal 2021 baru mau siap-siap program hamil, kami belok ke poli jiwa.

Saya paham koq bahwa karena usia, persentase baik untuk inseminasi buatan atau bayi tabung merosot (program hamil di bawah usia 35 tahun memiliki keberhasilan kurang lebih 35% sedangkan di atas 35 tahun memiliki keberhasilan kurang lebih 25%) Saya tidak merasa perlu mempukpuk diri memotivasi diri pasti-berhasil-hoosa. Saya juga tidak berlarut menoleh ke belakang sambil menggerutu coba kawinnya lebih cepat, coba ga usah utang nikah, coba coba coba..

Saya juga tidak termakan dengan kata-kata salah satu keluarga saya yang bilang ‘umur 40 koq masih mau punya anak‘. Saya tidak memasukkan kalimat tersebut tertuju untuk saya. Saya anggap beliau sedang standar ganda saja. Kalau untuk orang lain dia begitu, kalau untuk saya, beliau akan support saja perjuangan ini akan sampai umur berapa. Intinya, semua gerutuan, mengasihani diri sendiri, dan sisi depresif saya sudah jauh mereda sejak 1,5 tahun konseling di Psikiater.

Hari ke-1: Konsultasi Perdana

Jika memang anda sudah banyak membaca, anda tidak bisa memulai konsultasi 1 di hari kedua mens dengan harapan program hamil bisa langsung dimulai. Sebab ada beragam tes yang perlu dilakukan. Oh sudah tes darah, HSG, dan tes sperma? Pastikan semua hasil tes masih berlaku karena kalau lebih dari enam bulan hasil tiada berguna. Berikut ini adalah pengeluaran di konsultasi 1. Saya melaksanakannya di 24 Juni 2022:

  • Tes darah dan urine perempuan (iya saya menulis perempuan bukan istri karena menurut saya program hamil tidak seharusnya perlu dilegalkan dalam selembar surat nikah 😊) Rp.3.464.775.
  • Tes darah pria Rp.2.374.775
  • Konsultasi dengan dokter kandungan Rp.250.000
  • Pendaftaran pasien baru Rp.25.000
  • USG Transvaginal Rp.250.000
  • Obat rutin Ovacare dan Oligocare Rp.450.000

Total biaya hari ke-1 Rp.6.539.550

Hari ke-2 : HSG

Hari kedua pasti dilaksanakan Di HARI KESEMBILAN ATAU KESEPULUH ATAU HARI KESEBELAS dari hari pertama MENS. Nah sekalipun ada rentang tanggal, kita perlu lihat dokter radiologinya bisa kapan. Ga bisa kepedean bahwa jadwal sesiapnya kita. Intinya HSG itu adalah memotret rahim. Untuk hasil paripurna perlu disemprotkan cairan yang akan tertangkap alat X-ray. Untuk memasukkan cairan butuh alat-alat ini:

Lalu yang buat mengambil foto adalah:

Supaya hasil paripurna kita perlu mengikuti instruksi berpose di meja seperti ini:

Pose baring, pose miring. Ikut instruksilah pokoke

Iya pemasangan cocor bebek ke vagina sedikit tidak nyaman, iya penyemprotan cairan demi ovarium yang bisa terfoto jelas bikin mulas, iya paska pelaksanaan pasti ada bercak darah sehingga perlu bawa pembalut utk paska tindakan. Dua kali HSG, dua kali boleh bawa hape. Lumayan membantu untuk mengalihkan ketegangan. Waktu itu saya sibuk memantau keributan di Twitter. Iya sebelum tindakan jangan lupa bayar dulu Rp.1.578.000. Saya melakukannya di tanggal 30 Juni 2022

Untuk saya yang punya kecenderungan depresif, rupa rupa tindakan dan pengeluaran ini memang bisa sukses membuat saya mengasihani diri sendiri berkepanjangan. Itu sebabnya BUAT SAYA program hamil justru dimulai dengan kami ke psikiater dulu sepanjang 2021. Mengapa? Kicauan ini paling cakep lah:

Total biaya hari ke-1 dan ke-2 Rp.8.117.550

Hari ke-3: Tes Analisa Sperma

Ini ada perbedaan selera. Kalau di RS Permata Depok selain tes analisa sperma perlu ditambah Halo Sperma. Kalau di Bunda Margonda cukup tes analisa sperma. Nah jadi kebijakan dokter dan rumah sakit beda-beda ya. Pelaksanaan tes analisa sperma ini ada syaratnya yaitu 3 hari setelah pengeluaran terakhir. Tes ini dilakukan 14 Juli 2022. Biaya:

  • Tes analisa sperma lengkap Rp.471.000
  • Hallo Sperma Rp.2.387.000

Total biaya hari ke-1, ke-2 dan ke-3 Rp.10.975.550

Hari ke-4: Pembacaan Hasil & Pengambilan Keputusan

Berasa kaya lagi sidang aja ya. Saran saya sih kalau semua 3 data sudah ada (tes darah pasangan, hasil HSG, hasil sperma) datanglah di hari kedua mens lagi. Alias bulan depannya ya.. Saya sendiri tidak menjalani saran saya sendiri karena di bulan Agustus ada perlu mudik. Balik lagi soal kalau sudah ada 3 data langsung datang pas mens kedua, jadi apapun hasil diskusi bisa langsung mulai terapi. Dalam keadaan mens hari kedua langsung dilakukan transvaginal USG untuk menghitung berapa stok telur yang ada. Di kanan saya ada 2 telur, di kiri saya ada 3 telur yang rata-rata ukurannya 4 mili. Kemudian dari hasil diskusi maka sampailah kami di kesimpulan:

Coba Inseminasi Buatan aja ya.

Mengapa gak langsung bayi tabung saja? Karena dana yang ada untuk inseminasi buatan. Dana untuk bayi tabung baru di angan-angan.

Ah tapi dokter gue bilang ga gitu deh, ah kalau di luar negri lebih okeh deh. Selalu ingat semua penanganan itu dilihat kasus per kasus. Ah eh oh mendang mending itu biasanya ga diikuti dengan transferan soalnya.

Kelar memilih metode yang akan dilakukan. Kami pun mulai belajar mensutikkan gonal. Suntikan ini seperti insulin. Disuntikkan di bawah pusar. Sehari sekali. Fungsinya? Memperbesar telur sampai di ukuran yang layak untuk diinseminasi. Apakah ada efek samping setelah suntik Gonal? Tergantung reaksi tubuh masing-masing. Kalau saya di awal-awal setelah suntik sedikit mulas. Baiklah di hari ke-4 ini pengeluarannya adalah :

  • Konsul dokter kandungan Rp.260.000
  • Pendaftaran pasien lama Rp.25.000
  • USG transvaginal Rp.250.000
  • Obat Gonal 300IU Rp.3.122.462

Total biaya hari ke-1, ke-2, ke-3 dan ke-4 Rp.14.634.012

Hari ke-5: Observasi Paska Gonal Pertama

Senin, 05 Sept 2022 setelah penggunaan Gonal selama 4 hari waktunya kontrol untuk USG transvaginal. Kegiatan berlangsung kurang dari 30 menit. Pengeluaran sama seperti hari ke-4 karena Gonal sudah habis. Jadi keluar lagi:

  • Konsul dokter kandungan Rp.260.000
  • Pendaftaran pasien lama Rp.25.000
  • USG transvaginal Rp.250.000
  • Obat Gonal 300IU Rp.3.122.462

Sampai hari ke-5 ini sudah keluar berapa? Yak benar Rp.18.291.474 saja. Mengapa perlu Gonal lagi? Karena butuh lagi untuk memperbesar telur. Loh terus yang promo inseminasi buatan hanya Rp.4 juta itu gimana? Itu buat hari H ya bun. Hari H masih jauh. Saya masih ada kontrol lagi.

Suntikan Gonal

Hari ke-6: Observasi Gonal Kedua

Rabu, 07 Sept 2022 setelah penggunaan Gonal kotak kedua selama 2 hari waktunya kontrol untuk USG transvaginal. Kegiatan berlangsung kurang dari 30 menit. Karena sudah ada telur berukuran 17 mm maka persiapan inseminasi. Donatur sperma mulai puasa, saya ada suntikan tambahan yang tusukannya berasa kesilet-silet (haha mungkin lebay ya tapi suntikan itu masih bisa ditahankan koq) lalu ada obat yang perlu diminum selain ovacare.

  • Konsul dokter kandungan Rp.260.000
  • Pendaftaran pasien lama Rp.25.000
  • USG transvaginal Rp.250.000
  • Obat suntik Cetrotide Rp.961.623

Sampai hari ke-6 ini sudah keluar  Rp.19.788.097.

Saya tetap beraktivitas karena biaya inseminasi buatan ini pinjam uang. Jadi kudu mengurus lapak tak jemu-jemu. Iya kawin ngutang, mau punya anak utang. Apa lo? Apa lo? 😂

Suntikan Cetrotide

Hari ke-7: Persiapan IUI

Kamis, 8 Sept 2022 diwarnai hujan di pagi hari. Perjalanan ke RS yang berlokasi di Sawangan tentunya jadi sedikit macet. Setelah USG cuma ada 1 telur harapan untuk inseminasi buatan. Ya satu juga bagus. Lalu di sesi ini suntikan Gonal terakhir diberikan sekaligus juga suntikan Setrotide yang tidak sesakit kemarin. Suntikan Setrotide sakit bukan karena jarumnya tapi memang efek obatnya begitu. Fungsinya supaya telur ga pecah.

Nanti malam akan masuk suntikan Ovidrel sebagai persiapan inseminasi. Mengapa disuntikkan malam? Karena Ovidrel perlu masuk 36 jam sebelum tindakan. Ovidrel bentuknya seperti pena Gonal juga. Jadi untuk yang sudah banyak googling, beberapa obat yang dipakai di IUI dan IVF ya ada yang sama. Oh ya setelah beberapa kali datang konsul, saya selalu sendirian di ruang Smart IVF, sekarang saya ada temannya 2 orang. Hehe. Ternyata ku tak sendiri. Cuma aku memang anaknya penyendiri. Halah.

  • Konsul dokter kandungan Rp.260.000
  • Pendaftaran pasien lama Rp.25.000
  • USG transvaginal Rp.250.000
  • Pemberian injeksi Rp.37.000
  • Pembelian Ovidrel Rp.1.107.965
  • Pembelian Cetrotide Rp.961.623

Saya sejauh ini tenang. Saya percaya bahwa akan berhasil tapi saya juga siap jika gagal, saya akan meyakini bahwa Tuhan itu baik di dalam hidup saya. Ini sesuatu yang tidak pernah saya alami sebelumnya. Biasanya jika menginginkan sesuatu saya ngotot mengimani dan menolak memikirkan kegagalan. Sekarang saya memberikan ruang bahwa jika inseminasi pun tidak menghasilkan embrio, setidaknya kami sudah berusaha sampai mentok.

Sampai hari ke-7 ini sudah keluar  Rp.22.429.685

Suntikan Ovidrel

Hari ke-8: IUI

Sabtu, 10 Sept 2022 pukul 10 adalah waktu yang ditetapkan untuk inseminasi buatan. Sama seperti sidang skripsi, semua persiapan jalur logis (obat & suntikan) dan jalur magis (doa) sudah dilakukan. Sekarang urusan hasil tindakan ya berserah kepada tim penguji Surgawi. Berkenan bisa hamil. Ga berkenan ya lanjutkan hidup.

Sebelum tindakan, ada dokumen yang perlu dipersiapkan:

  • Fotokopi KTP kedua belah pihak
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi Surat Nikah

Ini dokumen yang disiapkan udah berasa mau maju ke pengadilan negeri untuk pengajuan pembatalan perkawinan deh. Haha. Selain dokumen di atas, juga perlu swab karena di saat ini masih pandemi.

Setelah swab, ada dokumen persetujuan tindakan yang perlu ditandatangani:

Oh istilah resminya Teknologi Reproduksi Berbantu..

lanjut pengeluaran donasi kemudian donasi tersebut dilakukan pencucian. Fungsinya supaya donasi yang jelek terseleksi jadi sperma yang akan dimasukkan sudah yang terbaik. Kemudian pukul 10:00 dilakukan tindakan. Bertemu lagi dengan alat cocor bebek yang digunakan waktu HSG. Sama seperti HSG bisa bawa hape haha. Sambil nunggu dokter saya sempat foto-foto koq.

Menunggu
Tindakan IUI
  • Konsul dokter kandungan Rp.0 (sudah termasuk paket IUI)
  • Pendaftaran pasien lama Rp.25.000
  • Tindakan inseminasi Rp.3.561.000
  • Pemberian injeksi Rp.37.000
  • Pembelian 15 tube Crinone Progesteron Rp.1.636.798

Dengan berakhirnya hari ke-8 ini maka total biaya yang dikeluarkan adalah Rp.27.652.483.

Penutup: Perbandingan & Kesimpulan

Berikut ini untuk perbandingan saya berikan gambaran harga inseminasi buatan (IUI) dari Morula IVF. Mengapa cuma survey RS Permata Depok dan RS Bunda Margonda? Karena hasil pencarian saya di akhir 2021 sampai awal 2022 kedua rumah sakit tersebut di Depok yang ada program infertilitas.

Dari gambar di atas apakah artinya Morula IVF lebih murah?

Jika melihat lembar dari Morula IVF memang sekilas lihat tampak lebih murah. Namun tidak sesederhana itu. Di RS Bunda Margonda ya tetap perlu HSG dan tes darah. Juga perlu USG transvaginal untuk cek ukuran telur. Mengapa saya tahu bahwa perlu tetap HSG dan tes darah? Karena 2021 saya sudah sempat ke sana.

Setelah kami di RS Permata Depok baru kemudian tidak lama kami lihat ada program infertilitas di RS Mitra Keluarga Margonda dan RS Brawijaya Sawangan. Cuma karena keduanya hanya menawarkan bayi tabung (IVF) di media sosial mereka, ya kaum kere hore mundur pelan-pelan.

Lalu mengapa tidak ke Klinik Melati Harapan Kita atau Klinik Yasmin RSCM? Sederhana sih jawabannya. Waktu waktu waktu. Perjalanan pergi pulang Depok Jakarta jauh lebih makan waktu berjam-jam dibanding lintas kecamatan di Depok. Jadi ya udah pilih yang dekat saja.

Menunggu sejam baru dinyatakan bisa pulang

Lalu setelah inseminasi buatan apakah bisa melenggang? Masih ada 15 ampul Crinone yaitu hormon progesteron yang perlu dimasukkan ke dalam vagina sehari sekali. Kemudian begitu habis, tes darah HCG.

Crinone

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s